Kamis, 19 September 2013

hubungan dan kaitan antara ISLAM dan BUDDHA,..!!??

KEDATANGAN NABI MUHAMMAD DALAM KITAB BUDDHA

Barangkali anda bertanya, apa hubungan dan kaitan antara ISLAM dan BUDDHA,..!!??
Pada dasarnya berbagai macam agama yang ada di dunia ini, di bagi menjadi 2 bagian yaitu ( Easter and Semitic religion ) agama Semitik, agama timur Tengah antara ISLAM - KRISTEN - JUDAISM  merupakan agama semitik yang memiliki hubungan sejarah dan kaitan erat di antara ketiganya .  
Nabi Ibrahim memiliki 2 isteri, Sarah dan Hagar,... dari isteri pertama Hagar lahir Ismael, muncullah suku bangsa ARAB dan lahir Nabi Muhammad .   Sedangkan dari isteri ke kedua Sarah, lahir Ishak, muncullah suku bangsa ISRAEL /YAHUDI dan lahirlah nabi Isa Almasih ( Yesus Kristus ) . 
Sedang agama tertua yang muncul terlebih dahulu seperti HINDU, BUDDHA, KONHUCHU, SHINTO dan lainya masuk dalam kelompok agama Easter .
SIDARTHA BUDDHA GAUTAMA lahir di India di perkirakan antara tahun 447-487 BC, ia seorang pangeran kerajaan, bapaknya seorang raja dan ibunya permaisuri .    Kehidupan mewah istana kerajaan dengan fasilitas dan pelayanan yang serba ada dan kehidupan di sisi luar sana yang penuh dengan ketidak adilan, kekerasan, diskriminasi ras dan status social serta pengaruh kehidupan dan agama HINDU yang terkelompok dalam 4 kasta .   Hal itu membuat SIDARTHA BUDDHA GAUTAMA berfikir, merenung dan terinspirasi untuk berkelana mengembara dan mencari arti makna kehidupan .
Ia pergi meninggalkan dunia istana dengan kemewahannya, lalu berdiam diri di tengah hutan rimba, ia berpuasa, bermeditasi dan menyebarkan kata kata dan kalimat bijak kepada siapa saja yang ia temui .    Dalam kurun waktu sebulan ia di ikuti dan memiliki 100 murid dan pengikut .
Anda perlu pempelajari perbandingan antara ajaran BUDDHA dengan agama lainnya untuk melihat sisi persamaan , sehingga terbuka peluang untuk berdialog,.. terutama dalam hal ini dengan ISLAM , sebagaimana yang kami pelajari . 
Yang menjadi kritik, saran dan masukkan adalah ;  mengapa begitu banyaknya patung dan berhala BUDDHA ,.. yang terbuat dari berbagai bahan dan material, baik kayu , batu dan juga emas murni,..!!!
Apakah SIDATHA GAUTAMA sendiri mengajarkan dan memerintahkan pengikut dan muridnya untuk memuji, memuja dan membuat patung dirinya ,..!!!???
Apa yang sebenarnya di ajarkan oleh BUDDHA,..!!??
Bila di lihat sisi perbandingannya dengan ISLAM dan KRISTEN ,...  KRISTEN dan ISLAM melarang keras pembuatan gambar tokoh, patung dan berhala ,.. karena hal itu merupakan bentuk peng-kultus individu-an seseorang .    Hal itu merupakan sikap fanatisme berlebihan yang membuat kita lupa dengan apa yang sebenarnya di ajarkan oleh orang atau tokoh tersebut ,..!!??  
Entah umat BUDDHA menyembah patuh BUDDHA atau tidak,.. atau siapakah tokoh dan sosok BUDDHA yang sebenarnya ,..!!??   
Apakah ia seorang nabi, rasul, Tuhan , manusia,.. atau seorang Guru dan tokoh yang arif dan bijak ?   
Apa yang pernah di ucapkan dan di katakan oleh SIDARTHA GAUTAMA,..!!??    
Walaupun AL-QUR'AN tidak menyebutkan siapa pribadi BUDDHA yang sebenarnya, AL-QUR'AN hanya menyebutkan sebanyak 25 nama nabi dan rasul ,.. namun dalam HADIST nabi Muhammad menyebutkan ada sebanyak 250.000 nabi dan rasul dalam sepanjang sejarah kehidupan manusia .
Jadi SIDARTHA BUDDHA GAUTAMA dalam pandangan ISLAM mungkin barangkali adalah SEORANG NABI ,..!
Tanda tanda dan kedatangan Nabi terakhir bernama Muhammad (saw) dapat di jelaskan sebagai berikut ; 
        BUDDHA MERAMALKAN KEDATANGAN SEORANG MAITREYA            .
Kata 'MATREYAdalam bahasa Sankrit atau sama dalam bahasa Pali 'Metteyya' artinya adalah cinta kasih, penyayang, pemurah dan juga berarti hubungan teman, sympathy .
Sedangkan dalam bahasa Arab sama dengan "RAHMAT" sebagaimana tercantum dalam surat Al-Anbiya .    " Dan tidaklah Kami mengutus kamu ( Muhammad ) melainkan untuk menjadi RAHMAT bagi semesta alam " ( AL-QUR'AN/21:107 )
Hampir semua kitab BUDDHA berisikan nubuat kedatangan MAITREYA ini yaitu dalam Chakkavatti Sinhnad Suttanta D.111 Hal ; 76     berbunyi ;                                                                                                 " Akan muncul di dunia seorang 'Buddha' bernama Maitreya, yang suci, yang kuat, bercahaya, penuh dengan bijak dalam prilaku dan mengetahui semesta alam, dia akan menjaga berjumlah seribu, sebagaimana aku menjaga dengan jumlah seratus "
Bila anda pelajari sejarahnya,.. SIDARTHA BUDDHA GAUTAMA di masa hidupnya ia memiliki 100 murid, sedangkan NABI MUHAMMAD di masa hidupnya memiliki 1000 pengikut  .
      ANANDA ADALAH SEORANG HAMBA PELAYAN YANG MEMBANTU DAN MELAYANI SIDARTHA BUDDHA GAUTAMA    A
Menurut kitab Sakral vol 11, hal 97 Maha Parinnibba Sutta pasal 5 ayat 36 , di sebutkan sebagai berikut ;                                                                   " Akan ada hamba pembantu yang mengapdi pada yang di berkati sebagaimana Ananda telah mengabdi kepadaku " . 
Ramalan dan nubuat ucapan Buddha ini pas dan tepat ketika kita pelajari sejarah dan perjalanan sejarah Nabi Muhammad .    Nabi Muhammad memiliki teman dekat, sahabat pelayan dan pembantu yaitu  Anas bin Malik(ra) yang mengikuti hidup dan perjalanan dakwah nabi Muhammad dalam segala situasi .    Orang tua Anas bin Malik(ra) telah menyerahkan anaknya yang baru berumur 8 tahun kepada nabi Muhammad dan Anas sudah di anggap seperti anak sendiri .    Sejak kecil Anas sudah belajar dab berguru dari nabi Muhammad .     Ketika usia 11 tahun Anas sudah ikut dalam medan pertempuran dalam perang Uhud dan perang Honain pada usia 16 tahun dan mendampingi nabi Muhammada hingga akhir hidupnya .  
Sosok pribadi Anas bin Malik(ra) yang membela dan membantu perjuangan nabi Muhammad dalam hal ini menjadi contoh perbandingan bagi Ananda yang juga membantu Buddha Gautama ketika Sidartha Buddha Gautama hendak di kejar seokor gajah yang hendak menyerangnya .
        6 KRITERIA UNTUK MENGENALI PRIBADI  "BUDDHA"  YANG TERAKHIR       R 
 Dalam kitab Buddha oleh Carus hal 214, menurut Sidartha Buddha Gautama ada 6 tanda dan ciri ciri Buddha terakhir  ( kedatangan sosok dan pribadi nabi Muhammad saw ) ;
1 . Dia menerima Kekuatan Wahyu di malam hari  2 . Pada kesempatan ketika selesai menerima Wahyu Kebenaran terlihat cahaya terang .   3. Buddha akan mati dalam kondisi tenang dan kedamaian .  4 . Dia meninggal di waktu malam hari  5. sebelum ajal kematiannya ia terlihat bercahaya terang   6. Setelah kematiannya, ia pergi meninggalkan bumi .
Dalam sejarah kehidupan Nabi Muhammad, menurut Aisah(ra) isteri beliau,ketika Nabi Muhammad meninggal is kehabisan minyak untuk menyalakan lampu, menunjukkan bahwa Nabi Muhammad meninggal di malam hari .
   BBUDDHA HANYALAH SEORANG PEMBERI PERINGATAN N
 Menurut Dammapada kitab suci timur vol 10, hal 67 di sebutkan bahwa ; " Jathagatas (Buddha) hanyalah seorang penyampai berita Kebenaran "
 Hal ini sesuai, sama dan sejalan dengan ajaran ISLAM,.. bahwa semua nabi dan rasul dari Adam, Nuh, Sulaiman, Dawud, Ibrahim, Ismael, Ishak, Musa, Isa Almasih ( Yesus Kristus ) dan Muhammad ataupun,... sidartha Buddha Gautama dalam hal ini hanyalah seorang manusia pemberi peringatan .
Di sebutkan dalam AL-QUR'AN ;  " Maka berilah peringatan, karena sesungguhnya kamu hanyalah pemberi peringatan "  ( AL-QHASYIAH /88:21 )  
" Sesungguhnya kamu hanyalah seorang pemberi peringatan dan bagi tiap tiap kaum ada yang memberi peringatan " ( AR-RAD/ 13:7 ) ( AL-FATHIR/35:24 )
Demikianlah pada dasarnya bahwa BUDDHA merupakan sosok tokoh pribadi yang pernah hidup yang mengajarkan tata nilai kehidupan, keteladanan, kebenaran, kebaikan, toleransi, kerukunan, kedamaian,... dan semua nya itu di teruskan, di lanjutkan dan di sempurnakan oleh " Buddha " penutup dan terakhir, Nabi Muhammad ( salllalahu alaihi wasalam )
AL-QUR'AN telah di turunkan sebagai Wahyu dan Kitab terakhir bagi seluruh umat manusia .   AL-QUR'AN merupakan buku petunjuk, pedoman hidup, instruksi manual serta sebagai kriteria untuk mengetahui  benar atau tidaknya sesuatu .

Masih berlanjut,.....................!!!!!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar