Kamis, 05 Mei 2011

PULASARA IKET (RUPA-RUPA IKET) Ngawanohkeun Ikét, keur balaréa...

Di daerah JAWA BARAT, yang namanya IKET ternyata banyak sekali ragam-nya, baik itu IKET yang sudah menjadi rupa umum, atau rupa IKET yang hanya terdapat dalam satu daerah saja. Ada beberapa rupa IKET yang saya ketahui dari berbagai sumber baik dari literasi yang saya baca atau lokasi yang telah saya kunjungi, diantaranya adalah:
1. Barangbang Semplak
2. Parekos Nangka
3. Parekos Jengkol
4. Porteng
5. Kole Nyangsang
6. Koncer
7. Julang Ngapak
8. Buaya Ngangsar
9. Rupa Iket ADAT Kampung Naga hiji & dua
10. Paro’os Gedang ( Kasepuhan Ciptagelar )
11. Ki Parana ( Kasepuhan Ciptagelar )
12. Pa’Tua ( Kasepuhan Ciptagelar )
13. Barangbang Semplak versi Kasepuhan Ciptagelar
14. Udeng ( Kasepuhan Ciptagelar )
15. Babarengkos ( Kasepuhan Ciptagelar )
16. Iket Kasepuhan Hiji ( Kasepuhan Ciptagelar )
17. Iket Kasepuhan Dua ( Kasepuhan Ciptagelar )
18. Maung Heuay ( Buku PEPERENIAN URANG SUNDA )
19. Julang Ngapak ( Buku PEPERENIAN URANG SUNDA )
20. Kekeongan ( Buku PEPERENIAN URANG SUNDA )
21. Kuda Ngencar ( Buku PEPERENIAN URANG SUNDA )
22. Talingkup ( Buku PEPERENIAN URANG SUNDA )
Dan ada kemungkinan masih banyak lagi Rupa IKET yang lain, dengan pola dasar yang sama, namun penamaan rupa iket berbeda. Hal ini kembali lagi kepada rasa seni dari setiap individu, yang beraneka ragam, dan ada korelasi yang baik antara rupa IKET dengan kepribadian.
Ampun paralun…. mugi jembar panghampura pikeun sesepuh anu aya dikahyangan atanapi anu jumeneng keneh..

CORAK CORAK KAIN IKAT KEPALA

Kaen anu dianggo pikeun iket, ilaharna nyeta mangrupa pasagi atawa sisi 4 ukuranna antawis 90 x 90 cm atanapi 100x100cm.
Kawitna rupa lawon teh kelir bodas atawa hideung teu aya gambarna, sapertos anu dianggo ku masarakat Baduy Jero, Nanging saluyu sareng kamajengan jaman, antukna lawon teh aya gambarna, malihan mah aya oge lawon anu sisi 4 teh digunting janten 2 bagean ( mangrupa sisi 3 ) disebatna IKET SAPARON
Gambar hiasan batik atanapi “corak” gumantung kana jinis lawon anu dianggo-na, corak ieu teh tiasa janten ciri anu nganggo-na tina tingkatan ka-aya’an.
Upami kanggo rahayat atanapi kaum cacah, biasana bahan lawon-na nyeta bahan MORI anu kasar, pola hiasanna mung disisi kaen hungkul, sedengkeun sisi anu lian-na polos,teu aya corak-na, kelir hideung. Corak anu dianggo biasana nyeta MODANG atawa CEMUNGKIRAN, nyeta gambar anu sepertos seuneu ngaléntab anu ngandung hartos ngeuna’an kahirupan, iket sapertos kieu disebat oge IKET HIDEUNG WULUNG, IKET WULUNG, atanapi BATIK SISIAN.
Upami kanggo Gegeden, Menak, tur sajabana, biasana nganggo bahan MORI anu lemes, teras corak atanapi pola na digambar pinuh, ampir sadayana lawon iket teh pinuh ku gambar hias, disebatna pola hias BYUR sareng BLUMBANGAN; BYUR = lawon dipinuhan ku gambar, BLUMBANGAN = lawon henteu sadayana dieusi ku gambar, bagean tengah-na biasa na polos hideung, bodas, atanapi biru kolot.
Upami aya IKET anu sami sareng anggoan anu di anggo, eta tiasa disebat IKET SAWITAN. ( Sawitan = sasetél )
Benten deui sareng di Cirebon, anu kasebat iket wulung teh nyaeta iket mastaka anu kelir dasar na hideung sareng diseratan batik tulis kelir koneng seratan hurup Arab, perkawis lafadz ka-tauhid-an. Huruf Arab diserat dina sababaraha bagean anu pasagi, buleudan, atanapi gambar daun tarate anu direka-reka.
Dina bagean tengah-na aya seratan asmaul husna sareng 4 nami malaikat nyeta Isrofil, Mikail,Jibril,Ijroil. Dina tiap juru-na aya seratan Allahu Muhamadarosullah, tur dihandapna aya nami nami sobat dalit Rasul; Umar,Usman,Ali,Abubakar.
Diantawis juru-juru aya seratan seratan tina Al-Quran, tradisi nyerat huruf Arab dina Iket teh mangrupikeun salahsawios sajarah ti para sobat Nabi pikeun kasalametan atanapi tulak bala, pon kitu deui pikeun masarakat Cirebon, aranjeuna kagungan kayakinan upami iket wulung di-iketkeun dina Mastaka bakal tebih tina balaih.
Sagédéngeun ti eta aya kapercantenan upami kagungan Iket Wulung, bakalan janten jalmi anu luhung, janten teu janten ka-anehan pikeun kolonial Jepang ngawagel sing saha wae anu nganggo Iket Wulung ieu teh, kumargi disebat janten kakiatan pikeun masarakat. Sok sanaos kitu kanggo sawatara jalmi teu weleh nganggo iket wulung, mung nganggona nyeta ditalikeun dina salira, conto nyeta dina cangkeng.
Dugi ka kiwari sawatara masarakat Cirebon masih keneh nganggo Iket Wulung pikeun tulak bala pikeun panyawat anu sok narajang ka para padumuk, nanging mung dipasangkeun dina tembok sanes di-iketkeun , anu panungtunganna janten dua fungsi, salian ti panulak bala, kantenan tiasa janten hiasan pikeun kaendahan dibumi.
Dicutat tina MUSTIKA pada KEPALA dalam ANEKA RUPA dan MAKNA, Museum SRI BADUGA 

Rupa IKET – PAREKOS ATAU PAROS
PAREKOS ATAU PAROS
Parekos atanapi paros, hartosna nyeta ditilepkeun bari diputerkeun, nyeta narik bagean iket anu 3sisi anu kawitna ngaplek ka pengker, ditarik kapayunn sangkan nutupan bagean luhur Mastaka, Iket sapertos kieu dileresan Cirebon, diseabt oge Iket DUK LIWET atanapi tutup liwet, kumargi rupa-na anu sepertos tutup liwet.
Parekos aya sababaraha rupi; PAREKOS NANGKA, PAREKOS JENGKOL,LOHEN,KONCER
Ciri sewang-sewangan rupa iket ieu nyeta aya dina cara ngareka bagean anu 3sisi na, aya anu diluhur, dilebet, ditilepkeun.

Dicutat tina MUSTIKA pada KEPALA dalam ANEKA RUPA dan MAKNA; MUSEUM SRI BADUGA
Diserat ku bahasa Indonesia, nanging ku simkuring nyanyahoanan di basa Sunda-keun, hapunten bilih aya kakirangan

Rupa IKET Kampung Naga

Bismillah ngawitan manggung….
Sampurasuuun, Hapunten ka anu disuhun, Ampun paralun, mugi jembar pangampura, ka Pangeran anu mikawelas tur mikaasih, ka karuhun anu parantos linggih dikahyangan, ka para wargi anu tos mayunan, mugi raharja rahay satungtung yuswa.. mugi sehat salawasna.

Dalam 2 minggu terakhir tepatnya pada tanggal 6 sampai 7 Mei 2010, saya berkesempatan untuk berkunjung kembali ke Kampung NAGA, dan tentunya adalah untuk mencari informasi yang berkaitan dengan IKET tepatnya RUPA IKET, baik secara visual ataupun secara artian dan penempatannya.
Pertama kali saya datang hari senin, namun karena bukan waktu yang tepat untuk bertanya tentang adat, maka saya kembali lagi pada hari kamis dan bermalam selama satu hari.

Rupa IKET yang ada atau yang diketahui di Kampung Naga, terdapat 2 rupa IKET, namun karena menurut sepengetahuan Bapak Kuncen, kedua rupa iket tersebut tidak mempunyai nama sejak dahulu, akhirnya saya namakan saja RUPA IKET ADAT-KAMPUNG NAGA HIJI, dan RUPA IKET ADAT-KAMPUNG
NAGA DUA, agar tidak tertukar dan jelas dalam penjabarannya, namun hapunten jikalau memang pada dahulunya, rupa iket ini mempunyai nama…… ampun paralun….

IKET secara artian adalah untuk menutupi kepala, mustika didalam mastaka, setiap aktivitas di Kampung Naga, mayoritas tidak terlepas dari IKET. Namun dalam pemakaian terbagi menjadi dua waktu ( WANCI ) pemakaian RUPA IKET ADAT – KAMPUNG NAGA HIJI untuk keseharian, dan pemakaian RUPA IKET ADAT – KAMPUNG NAGA DUA untuk acara adat.
Menurut penuturan, rupa IKET ini sudah ada sejak jaman dahulu, dan merupakan salah satu bentuk menghormati ( NGAJENAN ) kepada leluhur, dengan cara mewariskan atau mulasara rupa IKET ini, sampai saat ini. Jadi cukup rasional jika memang tidak diketahui nama RUPA IKET ini, mungkin pada waktu itu tidak disebutkan atau tidak ada yang bertanya tentang rupa IKET ini,…. hanya waktu
dan tempat yang bisa memberitahu jika memang karuhun sudah mengizinkan, serta memberitahukan kepada yang ditugaskan.
MOTIF DAN CORAK
Untuk hal ini, tidak menjadi patokan khusus atau keseragaman warna dan bahan, para penduduk terlihat mempunyai beragam corak dan bahan IKET, sesuai dengan keinginan atau selera masing-masing, Namun yang terlihat oleh saya, ada kemungkinan IKET yang terdapat disini adalah dari daerah Solo, karena saya pernah melihat beberapa IKET yang saya kenal.
RUPA IKET ADAT – KAMPUNG NAGA HIJI

Rupa IKET ini boleh dipergunakan oleh siapapun, dan bisa dipergunakan sehari-hari, dalam berbagai aktifitas, baik itu yang berkaitan dengan pekerjaan, atau yang berkaitan dengan pertemuan-pertemuan.
Ciri yang utama dari Rupa IKET ini adalah, seperti ada telinga di bagian kiri dan kanan pinggiran IKET, dan pada bagian depan, sangat jelas sekali bagian pager IKET tersebut ( PAGER = sisi bagian paling pinggir yang mengelilingi 4 sisi iket
RUPA IKET ADAT – KAMPUNG NAGA DUA

Untuk Rupa IKET ini, saya belum bisa memberikan informasi, karena begini; rupa IKET ini hanya dipakai pada hari hari tertentu yang berkitan dengan acara ADAT, jadi tidak diperkenankan untuk membicarakan rupa IKET ini. Menurut penuturan Bapak Kuncen, para penduduk tidak diperbolehkan untuk menggunakan rupa IKET ini, dan ditabu-kan, selain pada acara khusus, dan beliau tidak bertanggung jawab jika memang terjadi hal hal lain.
Jadi untuk mengetahuinya, harus menunggu waktu yang tepat ketika ada acara ADAT.
Demikian sepengetahuan saya mengenai rupa IKET yang terdapat di KAMPUNG NAGA, semoga menjadi kebaikan dan pengetahuan, mohon maaf jika memang ada kekurangan, mungkin dari dulur-dulur ada yang lebih tahu, saya menerima informasinya.
Kasuhun kalingga murda katampi ku asta galih, hapunten anu kasuhun boh bilih kaganggu, mugi jembar pangampura, jembar ka-asih mancer di diri sadaya.
wilujeng calik di ALKETIP BEUREUM…

IKET MENURUT PENUTURAN ABAH ILIN DASYAH, KASEPUHAN KAMPUNG ADAT CIKONDANG
IKET

Iket yaitu kain yang dipakai sebagai penutup kepala yang mengandung arti ikatan ( Beungkeutan ), sa-IKET-an, sa-Beungkeut-an, yang bentuk dasarnya adalah persegiempat ( wangun juru opat ) sa-Beungkeutan dalam kehidupan, sa-Iketan dalam kebijakan. Berfungsi sebagai penutup kepala secara fisik, namun arti lain adalah untuk menutup dan melindungi kepala ( mustika didalam mastaka ) secara batiniah.

Dalam bentuk dasar iket yang persegi ( juru opat ) 4 sisi dan 1 bidang kotak pada tengahnya, dengan posisi diagonal, terkandung makna :

1. Opat kalima Pancer ( Api,Air,Tanah,Angin,dan Diri )

2. 4 sahabat ( juru opat ) dan 5 adalah Rasulallah ( bagian tengahnya )
3. 4 Madhab
4. Bentuk dasar Ka’bah.

Ketika Iket dilipat menjadi segitiga ( juru 3 ) yang mengandung harti :

1. Tritangtu; Adat Istiadat, Agama, Kepemerintahan.
berdasarkan KIRATA Tritangtu dari Kasepuhan Ilin Dasyah ( kira kira nyata)
ADAT = Asal Diri Adam Turunan
AGAMA = Aturan GAwe MAnusa
DARIGAMA = Kepemerintahan; Pamenta cumponan,Parentah Lakonan, Panyaur Temonan.



2. Terdapat 3 Nur; Nur Allah,Nur Adam,Nur Muhammad.

Untuk di Kampung Adat Cikondang, tidak ada penggolongan dalam motif atau corak iket,baik itu untuk Kucen, kepala Adat, sesepuh atau para penerus, bebas untuk memilih atau memakainya, dan tidak ada rupa iket khusus dalam pelaksanaannya. Bahkan terkadang mereka juga mendapatkannya dari pemberian para tamu yang datang,namun dalam pemakaian iket ini harus mengenal Wanci ( waktu );

1. Peci digunakan Wanci masamoan (menghadapi) terhadap tamu ( umum )

2. Iket digunakan Wanci masamoan (menghadapi) terhadap Adat : Seren taun,

Mitembeyan Tandur, Mitembeyan dibuat, Hajat Solokan, Hajat Paralon,Hajat Lembur, dsb.
Namun tidak menutup kemungkinan juga, ketika menghadapi tamu dalam pelaksanaanya menggunakan Iket .Dikampung Adat Cikondang, ketika ada ada hajat lembur, Iket dipakai dan tidak ada rupa Iket yang ditentukan dalam penerapannya.Iket dikampung Cikondang, atas sepengetahuan sesepuh Abah Ilin, beliau mengingat sejak Anom Idil ( Kuncen ke-3 ), iket dipakai oleh kuncen Kampung Adat dan tidak menutup kemungkinan sejak kuncen ke-1, Ma empuh ( Mama Sepuh ) kemudian MamaAkung, sudah menggunakan Iket dalam kesehariannya di Kampung Adat Cikondang ini.
Rupa Iket atas sepengetahuan dari beliau ( Abah Ilin Dasyah ) dikenal ada 3 rupa IKET yaitu, Barangbang Semplak, Paros Jengkol, dan Kole Nyangsang.
Arti yang lain ketika seseorang menggunakan Iket maka haruslah ber-elmu masagi, yang dulunya kurang baik maka sekarang haruslah lebih baik, dan ketika menginjak umur 40 tahun, disitulah segala hal yang telah kita lakukan harus beradaptasi dengan ilmu masagi/pasagi/ 4 sisi / juru opat, yang secara lahiriah adalah saatnya untuk berubah menjadi lebih baik, meninggalkan semua hal yang kurang baik.

Iket bisa kepala menjadi satu kepalan, dan Iket juga mengepal alam dunya ( Kepala ), ketika kita menggunakan iket alam dunia kita yang berada dalam kepala akan tertutupi ( karungkup )

Dalam hal berpakaian serta dari sisi warna yang dikenal oleh Kampung Adat Cikondang ini adalah:

Putih = yang mengandung arti Air / banyu = Ibun, Talaga, Walungan, Laut.

Hitam = yang mengandung arti Bumi = Keusik, Batu, Taneuh, Leutak, jst.
Merah = yang mengandung arti Api / Geni = Panon poe, Minyak Bumi, Gas, Kawah, jst.
Kuning = yang mengandung arti Angin / Bayu = Halimun, Awan, Angin, Udara

Baju berwana putih yang artinya adalah suci dan bersih pikiran, mengetahui akan baik
dan tidak baik, juga antara bagus dan kurang bagus dalam makna kesehariannya.
Celana hitam ( hideung ) : atinya hideng ( tanpa harus diperintah ) taat terhadap aturan
ADAT,AGAMA,DARIGAMA (TRITANGTU )
Kurang lebihnya seperti itu makna IKET secara singkat, yang saya ketahui menurut penuturan sesepuh.

Hapunten anu kasuhun,mugi pareng pamaksadan.
Rahayuu…..

Iket !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar